Sabtu, 22 November 2014

Setelah Tahajjud Membaca Yasin



+62812961XXX..Apa faedahnya/manfaatnya bila kita setiap setelah solat tahajud membaca/mengamalkan surat yasin?makasih ustad

Kebanyakan kaum muslimin membiasakan membaca surat Yasin, baik pada malam Jum’at, ketika mengawali atau menutup majlis ta’lim, ketika ada atau setelah kematian dan pada acara-acara lain yang mereka anggap penting. Saking seringnya surat Yasin dijadikan bacaan di berbagai pertemuan dan kesempatan, sehingga mengesankan, Al-Qur’an itu hanyalah berisi surat Yasin saja. Dan kebanyakan orang membacanya memang karena tergiur oleh fadhilah atau keutamaan surat Yasin dari Hadis-Hadis yang banyak mereka dengar, atau menurut keterangan dari guru mereka.

Kebanyakan umat Islam membaca surat Yasin karena –tertarik dengan fadhilah dan ganjaran yang disediakan bagi orang yang membacanya. Tetapi, Hadis-Hadis yang menerangkan fadhilah surat Yasin, Adalah Lemah. Tidak bisa dijadikan sebagai dalil.

Perlu ditegaskan di sini, bahwa kita tidak boleh berdusta atas nama Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebab ancamannya adalah Neraka. Sebagaimana Hadis Riwayat Bukhori, Muslim, Ahmad dan lainnya.

Adapun Hadis-Hadis dha’if (lemah) atau maudhu’ (palsu) yang dijadikan dasar tentang fadhilah surat Yasin diantaranya adalah sebagai berikut :

Hadis pertama Yang Artinya: “Siapa yang membaca surat Yasin dalam suatu malam, maka ketika ia bangun  pada pagi hari diampuni dosanya dan siapa yang membaca surat Ad-Dukhan pada malam Jum’at maka ketika ia bangun pada pagi hari diampuni dosanya.” (Ibnul Jauzi, Al-Maudhu’at, 1/247).

Keterangan Hadis ini adalah palsu.

Dalam kitab Al-Maudhu’at, Mizanul I’tidal juz III halaman 549, dan juga Lisanul Mizan juz lima halaman 168, serta Al-Fawaidul Majmua’ah hal. 268 No. 944. Ibnul Jauzi mengatakan, Hadis ini dari semua jalannya adalah batil, tidak ada asalnya. Imam Daruquthni berkata: Muhammad bin Zakaria yang ada dalam sanad Hadis ini adalah sering memalsukan Hadis.

Hadis kedua, Artinya: “Siapa yang membaca surat Yasin pada malam hari karena mencari keridhaan Allah, niscaya Allah mengampuni dosanya.”

Keterangan: Hadis ini adalah Lemah.

Dalam kitab Mizanul I’tidal dan Lisanul Mizan. Diriwayatkan oleh Thobroni dalam kitabnya Mu’jamul Ausath dan As-Shaghir dari Abu Hurairah, tetapi dalam sanadnya ada rawi Aghlab bin Tamim. Imam Bukhari berkata, ia munkarul Hadis. sedangkan Ibnu Ma’in berkata, ia tidak ada apa-apanya (tidak kuat). 

Kemudian Hadis ke 3, Artinya: “Siapa yang senantiasa membaca surat Yasin pada setiap malam, kemudian ia mati maka ia mati syahid.”

Keterangan: Hadis ini adalah Palsu.

Hadis ini diriwayatkan oleh Thabrani dalam Mu’jam Shaghir dari Anas, tetapi dalam sanadnya ada Sa’id bin Musa Al-Azdy, ia seorang pendusta dan dituduh oleh Ibnu Hibban sering memalsukan Hadis. Bisa dilihat dalam kitab Tuhfatudz Dzakirin, hal. 340, dan Mizanul I’tidal II : 159-160, serta kitab Lisanul Mizan III : 44-45).
Kesimpulannya bacalah al Qur’an secara keseluruhan sedikit demi sedikit, juz demi juz, dan jangan hanya surat yasin. Wallohu a’lam



0 komentar:

Posting Komentar